extrafoodingmarkel@gmail.com
Jumlah = pcs
Keranjang

Pengertian dan Manfaat Asam Amino

Thursday, January 7th 2016.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pengertian dan manfaat asam amino, yang berhubungan erat dengan makanan dan suplemen yang biasa diberikan ke hewan kesayangan kita. Mendengar asam amino, sepintas dipikiran kita adalah larutan atau sesuatu yang terasa asam atau kecut. Padahal tidak demikian adanya, dalam ilmu kimia kata asam tidak harus terasa asam atau kecut seperti rasa jeruk, mangga muda ataupun larutan cuka dapur.

Pengertian Asam Amino

Pengertian asam amino erat kaitannya dengan protein. Seperti kita ketahui bersama. protein adalah zat pembangun tubuh. Seluruh anggota tubuh bahkan organ dalam tubuh makhluk hidup tersusun dari protein. Sementara protein itu terdiri dari susunan asam amino.

Jika kita analogikan protein itu adalah suatu bangunan ruangan, asam amino di analogikan sebagai batu, semen, pasir dan besi yang tersusun sedemikian sehingga membentuk ruangan atau kamar. susunan dari ruangan-ruangan dan berbagai kamar membentuk bangunan besar. Bangunan besar inilah yang bisa kita analogikan sebagai tubuh hewan.

Dari keterangan diatas, kini anda tahu betapa pentingnya fungsi dan tugas asam amino dalam proses metabolisme tubuh.

Manfaat asam amino

Manfaat asam amino bisa kita simpulkan dari uraian diatas adalah sebagai penyusun protein. Namun pada kenyataannya asam amino tidak hanya berfungsi sebagai pembentuk protein. Manfaat utama asam amino dalam proses metabolisme adalah sebagai berikut.

  1. Penyusun protein, termasuk enzim.
  2. Kerangka dasar sejumlah senyawa penting dalam metabolisme (terutama vitamin, hormon dan asam nukleat).
  3. Pengikat ion logam penting yang diperlukan dalam dalam reaksi enzimatik (kofaktor).

Asam Amino Essensial

Mungkin Anda sering sekali mendengar asam amino esensial, namun apakah arti dari asam amino yang satu ini? asam amino esensial ialah asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh entah manusia ataupun hewan. Segala jenis makhluk hidup memerlukan asam yang satu ini. Ia diperlukan oleh makhluk hidup dikarenakan berfungsi untuk menyusun protein atau di gunakan untuk kerangka molekul yang penting. Ia sering disebut esensial untuk spesies organisme jika spesies tersebut sangat memerlukannya namun organisme memiliki keterbatasan yakni tidak mampu untuk memproduksinya sendiri.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut tentu saja spesies tersebut harus memasok dari luar tubuh, agar kebutuhannya dapat terpenuhi, yakni dengan melalui makanan. Perlu diketahui bila istilah dari asam amino esensial ini hanya berlaku untuk organisme heterotroph, karena seperti yang sudah di sampaikan asam ini didatangkan bukan dari dalam tubuh malainkan dari luar dikarenakan sel tubuh tidak mampu untuk mensintesisnya. Sebagian besar asam amino ini disintesis oleh sel-sel tumbuhan, oleh sebab itu untuk mensintesis senyawa ini sangat diperlukan senyawa yang bersifat anorganik seperti leusin, fenilalanin, treosin, triptofan, atau valin.

 

Sumber artikel

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_amino
  2. http://www.jokowarino.id/pengertian-dan-definisi-asam-amino-esensial/
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
limited
Rp 84.000
Rp (Hubungi CS)
new
Rp 79.000
Efficient stats
site meter statistics