extrafoodingmarkel@gmail.com
Jumlah = pcs
Keranjang

Panas Tubuh Burung

Thursday, March 24th 2016.

Banyak kicau mania mempercayai serangga tertentu mempunyai efek berbeda terhadap panas tubuh burung yang mengkonsumsinya. Sebagai contoh, ulat hongkong dipercaya bisa membuat panas tubuh burung bertambah sementara ulat bambu memberikan efek yang dingin. Dalam tulisan kali ini kami akan membahasnya dari sisi ilmiah yang kami kumpulkan dari berbagai sumber di internet melalui mesin pencari. Anda juga bisa mencari sumber lain yang berkaitan dengan suhu tubuh burung melalui mesin pencari, sebagai referensi tambahan.

Tentang panas tubuh Burung

Apabila kita berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, mungkin kita merasakan perbedaan suhu di sekeliling kita. Namun, suhu tubuh kita relatif tidak berubah. Manusia digolongkan sebagai homeothermic, yaitu mahluk hidup berdarah panas, yang termasuk di dalamnya semua mahluk menyusui, hewan peliharaan dan burung.

Menurut Tim Dosen Fisiologi Hewan (2014:4), ada beberapa hewan yang suhu tubuhnya mengikuti suhu lingkungan sekitarnya, ada pula yang tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitar melainkan di pengaruhi dari metabolisme dalam tubuh itu sendiri. Pada tahun 1855, Bernard mengemukakan  bahwa penyebab terjadinya berbagai reaksi yang menstabilkan kondisi tubuh akibat adanya senyawa khusus, yang dihasilkan oleh semua organ dan dikeluarkan melalui cairan tubuh. Pernyataan tersebut menjadi pelopor munculnya gagasan mengenai hormone dan reaksi kimiawi dalam tubuh (Isnaeni, 2006 : 22-23).

Percobaan membuat naik dan turun panas tubuh hewan

Dalam percobaan kali ini di pilih ayam sebagai objek percobaan, dengan alasan ayam dan burung secara kekerabatan tidak jauh berbeda. Pada percobaan pertama ayam di buat beraktifitas, setelah itu di ukur suhu tubuhnya. Sedangkan percobaan ke dua ayam di rendam ke dalam bak berisi air, setelah itu di ukur suhu tubuhnya. Tabel di bawah ini adalah tabel hasil percobaan pengukuran

Hasil percobaan Hicha Lidya, Universitas Negeri Jember

Dari hasil pengukuran di atas, dapat di lihat bahwa kenaikan suhu tubuh di pengaruhi oleh aktifitas tubuh. Setelah dilakukan perendaman dengan air maka suhu tubuh ikut menurun. Yang menarik dari angka tersebut adalah suhu tubuh ayam normalnya adalah berkisar 40 – 42 derajat celcius, di mana pada suhu tersebut manusia akan mengalami kejang-kejang.

Tabel percobaan diatas juga menjelaskan mengapa burung yang kita pelihara terkadang menyiram tubuhnya atau mandi di dalam wadah tempat air minumya. Mungkin saja hal ini sebagai usaha si burung kesayangan kita untuk menurunkan suhu tubuhnya yang dirasa sudah meningkat.

Panas tubuh normal pada Hewan

Panas tubuh hewan berbeda-beda, yaitu antara 35,5 derajat Celcius pada gajah hingga sekitar 42,7 derajat pada burung kecil. Manusia, monyet, bagal, keledai, kuda, tikus dan gajah memiliki suhu tubuh antara 35,5 – 38,3 derajat Celcius. Sapi, domba, anjing, kucing, kelinci dan babi mempunyai suhu tubuh antara 37,8 – 39,4 derajat Celcius. Kalkun, angsa, bebek, burung hantu, pelikan dan burung nasar memiliki suhu tubuh antara 40 – 41,1 derajat Celcius. Sedangkan burung liar, merpati, dan beberapa burung kecil yang umum mempunyai suhu tubuh antara 41,6 – 42,7 derajat Celcius.

Perilaku saat panas tubuh berlebih

Hewan, seperti juga manusia harus mengeluarkan panas yang berlebihan untuk menjaga suhu tubuhnya. Hewan yang tidak berkeringat melakukan hal ini dengan terengah-engah — itulah sebabnya mengapa anjing sering terengah-engah pada hari yang panas,

Hal serupa juga terjadi pada burung peliharaan kita. Pada saat kita menjemur burung, pada kondisi tertentu sang burung akan membuka sayapnya sambil bulunya dilebarkan. Hal tersebut bertujuan untuk menyerap panas sinar matahari. Setelah merasa kepanasan sang burung biasanya akan membuka paruhnya lebar-lebar dan bernapas dengan kerongkongannya. Hal demikian bertujuan untuk membuang panas tubuh burung yang berlebih.

Bisa jadi perilaku burung membuka sayapnya walaupun sedang tidak berjemur adalah sebagai respon untuk membuang panas yang berlebih. Perilaku tersebut sering kita sebut dengan ngebatman ataupun ngelowo, yang di anggap oleh banyak kicau mania sebagai tanda over birahi.

Demikian penjelasan saya kali ini tentang panas tubuh burung. Silahkan anda mendalami dan mencari sumber lain sebagai referensi. Gunakan kata kunci “suhu tubuh normal burung” atau “suhu tubuh burung” pada mesin pencari. Anda akan banyak mendapatkan informasi yang berkaitan dengan panas tubuh burung.

Daftar Pustaka :

  • https://www.academia.edu/9743295/suhu_tubuh_hewan
  • http://sekitarpeternakan20.blogspot.co.id/2013/05/makalah-heat-stress-pada-broiler-moderen.html
  • http://beranda-sains.blogspot.co.id/2010/01/suhu-tubuh-hewan.html
  • http://fisiologiternak.blogspot.co.id/
  • https://henry69irianto.wordpress.com/2011/03/11/thermoregulasi/
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
new
Rp 22.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Efficient stats
site meter statistics