extrafoodingmarkel@gmail.com
Jumlah = pcs
Keranjang

Minyak Gandum atau Wheat Germ Oil

Monday, April 11th 2016.

Minyak Gandum atau Wheat Germ Oil

Tulisan kali ini saya akan membahas seputar tentang minyak gandum atau wheat germ oil. Mendengar kata gandum, otomatis kita berpikir tentang roti, oats atau mungkin juga tepung terigu. Ketiga bahan pangan tadi memang sudah lebih populer di kenal di negara kita. Namun untuk minyak gandum atau wheat germ oil sebagian besar dari kita masih terasa asing mendengarnya apalagi memanfaatkannya.

 

Biji gandum terdiri dari beberapa bagian. Terdapat 3 bagian utama, yaitu bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ) [4]. Bagian kulit dari biji gandum sebenarnya tidak mudah dipisahkan karena merupakan satu kesatuan dari biji gandum tetapi bagian kulit ini biasanya dapat dipisahkan melalui proses penggilingan.

Pada bagian lembaga atau inti biji, inilah yang banyak menghasilkan minyak. Terkadang untuk lebih memudahkan proses penyulingan minyak gandum, biji di buat agar berkecambah terlebih dahulu. Hal ini agar bagian inti bakal dari tanaman gandum keluar dari dalam biji yang bertekstur keras.

Sejarah pemanfaatan minyak gandum

Pemanfaatan minyak gadum sebagai bahan pakan masih terbilang sedikit di Indonesia sini. Namun pemakaian vitamin E sebagai kosmetik maupun suplemen kesehatan lebih populer. Vitamin E pertama kali di temukan dan di isolasi sebagai vitamin, dalam minyak tepung gandum. Penamaan vitamin E di sebabkan karena di temukan setalah vitamin A, B, C, D. Selain vitamin E, minyak gandum juga kaya akan asam lemak tidak jenuh atau HDL. Asam linoleat, AA, DHA dan masih banyak lagi beberapa asam lemak lainnya. Asam lemak dan asam amino erat kaitannya dengan pembentukan hormon. Dari mulai hormon pertumbuhan hingga hormon reproduksi.

Baca Juga: Manfaat Asam Lemak untuk Hewan

Fungsi Vitamin E

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang bekerja mengusir radikal bebas, menstabilkan asam tak jenuh dan asam lemak, melawan oksidasi, dan memelihara membran sel, pembuluh darah, jantung, kulit, mata, liver, dan jaringan tubuh lainnya agar tidak rusak karena radikal bebas.vitamin E juga berfungsi melawan penuaan dan mencegah berbagai jenis penyakit kronis, sepereti kanker kelenjar payudara, kanker rektum,dan penyakit pembuluh darah jantung.

Minyak gandum mengandung linoleat, dapat mencegah penyakit jantung, pengerasan pembuluh nadi, kegemukan dan diabetes. Octacosanol berfungsi meningkatkan tenaga otot, memperkuat beban jantung, menghilangkan letih dan sakit otot, memperbaiki metabolisme dasar,memenuhi oksigen yang diperlukan jantung, dan meningkatkan transportasi oksigen dalam tubuh, serta berkhasiat meningkatkan tenaga dan stamina tubuh.

Lechitine sering disebut “pembersih pembuluh darah” dapat mengemulsi kolestrol jahat dan lemak netral pembuluh darah, serta mengeluarkannya dari tubuh dan mencegah pengendapannya di pembuluh darah nadi. Dengan demikian dapat memperbaiki dan mencegah pengerasan pembuluh nadi, hipertensi, penyakit jantung, stroke dan dimensia.

Pada burung, minyak gandum lebih dulu di manfaatkan untuk burung pemakan bijian seperti kenari dan paruh bengkok. Tak heran, karena kedua jenis burung tersebut lebih populer di dataran eropa sana. Di Indonesia pemanfaatan minyak gandum bertujuan untuk meningkatkan birahi pada burung kenari, sehingga produksi telur indukan lebih optimal. Selain itu minyak gandum juga bisa meningkatkan kemilau warna pada burung kenari. Anda bisa membaca literaturnya menggunakan bantuan mesin pencari tentang penggunaan minyak gandum untuk burung kenari.

Selain bangsa burung pemakan biji, potensi minyak gandum juga bisa di manfaatkan pada burung lainnya. Insectivora atau burung pemakan serangga sangat berpotensi untuk memanfaatkan minyak gandum ini. Selain pada masa mabung, proses breeding sangat bermanfaat jika mendapatkan suplemen minyak gandum. Dengan kandungan vitamin E yang tingggi akan meningkatkan kemilau bulu dan menstabilkan fungsi hormon reproduksi

Tidak hanya untuk burung saja. Potensi manfaat minyak gandum juga bisa di rasakan oleh hewan mamalia lainnya. Anda bisa mengulas minyak gandum pada bagian tubuh yang mengalami kerontokan bulu pada hewan peliharaan anda. Selain itu anda juga bisa mencampurkan minyak gandum pada pakan hariannya cukup 1 hingga 2 kali dalam 1 minggu.

 

Daftar Pustaka

  • https://pr0dukherbal.wordpress.com/tag/minyak-gandum/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Gandum
  • http://peliharaburung.com/pakan-berkualitas-untuk-kenari/

 

 

Rp (Hubungi CS)
new
Rp 27.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Efficient stats
site meter statistics