extrafoodingmarkel@gmail.com
Jumlah = pcs
Keranjang

Kisah di Balik Pembuatan Protein Instan

Saturday, April 23rd 2016.

Kami baru saja meluncurkan produk makanan tambahan yang baru. Terhitung tanggal 15 April lalu kami mencoba menjual produk extra fooding lainnya yang tidak berbahan baku serangga. Dalam tulisan ini saya akan sedikit bercerita tentang kisah di balik pembuatan protein instan yang baru saja kami release.

Proses Pemilihan Bahan

Kisah di balik pembuatan protein instan di mulai dari proses pemilihan bahan yang akan kami gunakan. Mudah di dapat, tidak cepat busuk, tahan segala cuaca dan bergizi tinggi menjadi kriteria pemilihan bahan produk ini. Selain bergizi tinggi bahan yang akan digunakan juga mudah di serap dengan baik oleh hewan peliharaan dan memiliki harga yang sebanding dengan manfaat yang di hasilkan.

Kami melakukan percobaan selama 8 bulan untuk berbagai macam bahan melibatkan objek percobaan burung kicau, kucing, sugar glider dan beberapa ekor landak mini. Dalam proses ini target awalnya adalah bahan yang mudah di sukai oleh hewan, sehingga dalam aplikasinya nanti mudah diberikan atau setidaknya hewan peliharaan akan mudah beradaptasi.

Konsep awal pembuatan produk protein instan adalah memberikan asupan protein yang tinggi untuk berbagai macam kebutuhan hewan. Hewan membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi pada saat proses pemulihan atau setelah sembuh dari sakit, pada burung proses ganti bulu atau mabung juga memerlukan protein yang lebih tinggi dibanding kondisi normalnya. Selain itu asupan protein tinggi juga bermanfaat untuk proses penggemukan.

Pemilihan Protein Telur

Sumber : http://kaloriku.com

Akhirnya kami menentukan telur sebagai salah satu bahan dasar produk ini. Selain mudah di dapat, dari literatur yang kami baca telur adalah sumber pakan bergizi tinggi bagi makhluk hidup. Dalam sebutir telur sudah bisa memenuhi nutrisi gizi seperti protein, asam lemak essensial, asam amino dan beberapa kandungan mineral yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Manfaat telur

 Telur yang kami gunakan adalah telur ayam negeri yang banyak di hasilkan oleh peternak di daerah jawa timur dan beberapa jawa barat. Kami mengekstrak telur ayam negeri tadi menjadi bentuk bubuk untuk memudahkan peng-aplikasiannya. Telur tadi kami buat menjadi tiga macam telur. Kami memisahkan antara kuning dan putihnya, selain itu kami juga mengolah telur utuh menjadi ekstrak protein. Produk ini ada 3 jenis varian, berdasarkan penggunaan bahan baku telur. Varian tersebut adalah, kuning telur, putih telur dan telur utuh.

Pemilihan Protein Kedelai

Selain protein telur yang berasal dari hewan, kami ingin menggabungkan produk ini dengan protein nabati yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan. Pemilihan protein kedelai bukan tanpa alasan, sudah banyak literatur yang membahas tentang penggunaan protein yang bersumber dari kacang kedelai. Silahkan anda gunakan mesin pencari apa saja kandungan dalam kacang kedelai dan manfaatnya bagi tubuh.

Kacang kedelai kami olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan protein yang mudah di cerna. Proses extrasi membuat bahan ini menjadi lebih mudah di gunakan. kandungan iso-flavon dan struktur asam amino BCAA membuat bahan ini sangat bermanfaat untuk hewan kesayangan anda.

Bahan Pelengkap Lainnya

Selain protein telur dan extract protein kacang kedelai, kami memberikan bahan pelengkap lainnya dalam produk ini. Penambahan oats atau tepung kulit gandum sebagai sumber serat. Serat berfungsi sebagai pelapis usus saat makanan di cerna. Anda bisa menggunakan mesin pencari untuk membaca literatur tentang manfaat serat dalam sistem pencernaan.

Bahan pelengkap lainnya yang di tambahkan adalah multivitamin dan mineral. Bahan ini berfungsi sebagai pelengkap asupan gizi. Kita semua sudah mengetahui vitamin erat kaitannya dengan kesehatan. Selain itu vitamin dan mineral tidak bisa di produksi sendiri oleh tubuh

Objek Percobaan

Setelah pemilihan bahan dan menentukan komposisi yang di rasa tepat, kini saatnya mencoba pada target. Objek percobaan melibatkan hewan peliharaan kami sendiri, tetangga, kerabat serta teman-teman yang memiliki hewan peliharaan. Target percobaan pertama adalah seberapa cepat produk bisa di terima oleh objek percobaan, maksudnya adalah berapa lama hewan objek percobaan bisa beradaptasi dengan aroma pakan yang baru ini. Karena hampir sebagian besar hewan menggunakan indra penciuman dan insting mereka dalam memilih makanannya.

Setelah kami rasa cukup dengan objek percobaan milik sendiri dan orang terdekat. Kami memberanikan diri untuk mengundang orang lain dan pelanggan kami untuk jadi sukarelawan mencoba produk baru ini ke hewan peliharaannya. Tujuan mencari sukarelawan dari luar adalah untuk menilai bagus tidaknya produk yang baru ini agar lebih objektif. Laporan hasil percobaan dari sukarelawan akan kami tulis di bagian yang lain.

Pengujian Nutrisi di Laboratorium

Tahap pengujian nutrisi di laboratorium bertujuan untuk mengetahui kandungan dan nilai nutrisi yang terkandung di dalam produk. Kami mempercayakan tahap ini di badan milik pemerintah, selain harga yang relatif lebih murah di bandingkan lab milik swasta lembaga ini pun sudah mengantongi beberapa sertikat untuk sebuah laboratorium pengujian sampel bahan pakan.

Laporan hasil pengujian umumnya keluar dalam kurun waktu 15 hari, namun saat itu terjadi keterlambatan. Karena permasalahan teknis, sehingga hasil uji keluar lebih lama. Di bawah ini adalah hasil pengujiannya.

 

Ada cerita panjang dari kehadiran tiap produk kami. Namun demikian ada rasa kepuasan tersendiri apabila produk kami ini bisa bermanfaat bagi hewan peliharaan anda. Tidak hanya di sini saja, kami terus melakukan improvement untuk menciptakan produk inovatif lainnya. Terima kasih sudah membaca tulisan ini hingga akhir.

Best Regards…

Aria Romanov

Rp (Hubungi CS)
limited
Rp 84.000
best
Rp 22.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Efficient stats
site meter statistics