extrafoodingmarkel@gmail.com
Jumlah = pcs
Keranjang

Info tentang ulat hongkong (mealworm)

Tuesday, October 14th 2014.

sumber : http://mealwormcare.org/

Saya coba memberikan info tentang ulat hongkong (mealworm). Ulat hongkong adalah fase larva dari kumbang Tenebrio Molitor. Kumbang ini mengalami 4 fase metamorfosis dalam kehidupannya. Ulat hongkong menyimpan banyak lemak dalam tubuhnya sebagai sumber energi untuk melewati fase metamorfosa nya. Ulat hongkong tumbuh sangat cepat setelah menetas dari telur. Dalam waktu 8 sampai 10 minggu, ulat ini terus makan untuk perkembangan badanya dan untuk menyimpan lemak sebagai energi cadangan dalam proses perkembangan menjadi puppa/kepompong.

Binatang sangat menyukai habitat di gelap, hangat dan kelembaban yang tinggi. Di alam liar biasa di jumpai di bawah daun dan kayu yang sudah membusuk. Makanan utamanya di alam liar adalah bijian yang sudah kering dan bahan organik di alam baik yang masih segar maupun yang sudah membusuk.

Ulat hongkong sangat besar perananannya dalam ekosistem sebagai dekomposer bahan organik di alam liar. Selain sebagai dekomposer ulat hongkong juga berperan sebagai penyedia makanan alami untuk beberapa hewan liar. Binatang liar yang sangat gemar memakan ulat hongkong di alam liar adalah katak, burung, laba-laba, dan berbagai jenis reptil kecil lainnya.

Kebiasaan makan yang cepat dan rakus, membuat ulat hongkong sebagai hama. Khususnya hama di bidang pertanian. Di negara Eropa dan negara sub tropis lainnya, serangga ini adalah hama untuk industri gandum dan hasil olahannya, industi pakan ternak, dan industri sereal. Untungnya ulat ini belum menjadi hama di negara Indonesia.

Klasifikasi Ilmiah
Species: Molitor
Genus: Tenebrio
Family: Tenebrionidae
Order: Coleoptera
Class: Insecta
Phylum: Arthropoda
Kingdom: Anima

Sumber Referensi :

http://mealwormcare.org/

 

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
new
Rp 22.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Efficient stats
site meter statistics