extrafoodingmarkel@gmail.com
Jumlah = pcs
Keranjang

Info Seputar Bulu Hewan

Monday, March 21st 2016.

Pada tulisan kali ini saya akan memberikan info seputar bulu hewan. Agar tidak meluas pembahasannya saya batasi hanya info seputar bulu hewan saja. Bulu hewan erat kaitannya dengan protein. Sebagai salah satu zat gizi yang terkandung dalam setiap pakan, protein di kenal secara umum sebagai zat pembangun atau dengan kata lain sebagai zat gizi yang berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan hewan.

Jenis bulu pada hewan

Sebelum jauh membahas tentang bulu pada hewan, ada baiknya kita mengenal jenis bulu yang terdapat pada hewan. Kita mengenal bulu kucing, bulu anjing, bulu musang, bulu sugar glider, bulu ayam, bulu burung, dan berbagai macam bulu binatang lainnya. Namun tahukah anda? Bahwa bulu binatang dibagi menjadi 2 bagian besar.

Bulu pada aves dan unggas

Bulu adalah satu struktur kedap air yang menutupi permukaan tubuh aves dan unggas. Bagian terkecil dari bulu adalah barbules yang melekat pada barbs, cabang ke samping dari rachis, sumbu utama dari bulu. Sekumpulan barbs ini akan membentuk bulu-bulu halus yang disebut dengan vane. Calamus adalah tangkai pangkal dari bulu yang menghubungkan bulu dengan folikel kulit. Warna yang terdapat pada bulu berasal dari tiga pigmen utama yakni melanin (hitam, kelabu, coklat), prophyrin (variasi warna merah, coklat, hijau), dan karotenoid (merah pekat, oranye). Adaptasi untuk terbang dan pengaturan suhu tubuh dijadikan dasar teori yang memicu perkembangan bulu. Ada empat fungsi utama bulu yaitu untuk insulasi (mengatur suhu tubuh), aerodinamika, komunikasi, dan kamuflase. Bulu yang mengalami modifikasi dapat digunakan untuk berenang, memproduksi suara, mendengar (pada burung hantu), sensasi tactil (burung elang), dan penampilan saat breeding.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/haera_ice/ini-lho-bedanya-bulu-dan-rambut_55127fd2813311b956bc6124

Berbagai Macam Bulu Burung. Sumber:freegreatdesign

Bulu atau rambut pada mamalia

Berbeda dengan bulu, rambut adalah lapisan tebal dari rambut-rambut halus yang menutupi kulit dari mamalia termasuk manusia. Secara anatomis rambut tersusun dari akar rambut (root, bulb atau knob), batang rambut (shaft), dan ujung rambut (top). Umumnya baik manusia maupun hewan memiliki struktur bagian rambut yang sama yakni kutikula, korteks, dan medulla. Namun demikian ada beberapa hal yang membedakan antara rambut manusia dan hewan. Rambut hewan teraba lebih kasar dengan pigmen seragam yang terletak di tengah atau tepi. Sedangkan pada manusia rambut lebih lembut dan pigmen tersebar sepanjang batang rambut. Kutikula rambut hewan memiliki sisik yang besar, dengan medula yang lebar menyambung dan korteks yang tipis. Pada manusia kutikula lebih kecil, dengan medula sempit terputus atau menyambung, dan korteks yang tebal.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/haera_ice/ini-lho-bedanya-bulu-dan-rambut_55127fd2813311b956bc6124

Zat penyusun bulu

Setelah panjang lebar di jelaskan diatas tentang perbedaan bulu berbagai macam binatang, kini kita mulai dengan kandungan yang terdapat pada bulu dan rambut hewan. Pengujian proksimat pada bulu unggas di dapati kandungan Protein sebesar 83 – 86%, lemak 3 – 7%, abu 2.5 – 3,7%, Ca 0,1 – 1.2% dan P 0,1 – 0,7%.
Sedangkan pengujian pada rambut hewan terdiri dari 70 – 80% keratin, 3-6% senyawa minyak, 1% zat warna melanin dan pheomelanin (pigmen warna lebih muda), 15% kelembaban air dan sisanya adalah karbohidrat dan unsur – unsur mineral. Sedangkan komposisi kimiawi batang rambut adalah 44,5% karbon, 30% Oksigen, 14% Nitrogen, 6,5% Hidrogen, 5% Belerang
Dari hasil diatas kandungan protein sebagai penyusun bulu dan rambut sangat besar. Bulu dan rambut tersusun dari berbagai macam jenis protein dan asam amino. Penyusun bulu dan rambut di sebut sebagai keratin (zat tanduk) yang sama seperti penyusun kuku, cakar dan tanduk pada hewan. Keratin adalah suatu protein yang terdiri atas gabungan gugus – gugus peptide, (yang merupakan gabungan kompleks – kompleks asam amino) hasil penggabungan inilah membentuk molekul keratin yang berbentuk ulir. Sehingga manfaat protein dalam pertumbuhan dan perkembangan bulu pada hewan kesayangan amatlah vital.
Asupan dan konsumsi protein yang optimal sangat erta kaitannya dengan pertumbuhan bulu yang optimal.
Daftar Pustaka :
  1. http://brainly.co.id/tugas/4034521
  2. http://lampukecil.com/2013/12/23/bahan-rambut-itu-terbuat-dari-apa-sih/
  3. http://gomumu.blogspot.co.id/2014/11/apa-fungsi-bulu-dan-rambut.html
  4. http://www.kompasiana.com/haera_ice/ini-lho-bedanya-bulu-dan-rambut_55127fd2813311b956bc6124
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Bulu
best
Rp 22.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
new
Rp 26.000
Efficient stats
site meter statistics